Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaInternasionalPolitik

Keketuan Indonesia di ASEAN, Berhasil Percepat Negosiasi Kode Etik di Laut Tiongkok Selatan

×

Keketuan Indonesia di ASEAN, Berhasil Percepat Negosiasi Kode Etik di Laut Tiongkok Selatan

Share this article
Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri, Rolliansyah Soemirat. (Foto: Kemlu)

JAKARTA, SIBERTIMUR.COM Periode Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun 2023, berhasil menginisiasi dalam mempercepat proses negosiasi kode etik atau Code of Conduct (COC) di Laut Tiongkok Selatan, serta berhasil disepakati oleh seluruh negara ASEAN dan RRT.

Demikian dikatakan Direktur Kerja Sama Politik Keamanan ASEAN Kementerian Luar Negeri, Rolliansyah Soemirat, Jumat (1/9/2023) di Jakarta.

Example 300x600

Selain mempercepat negosiasi, inisiatif Indonesia dalam bentuk Guidelines itu dapat menjadi pedoman praktis yang juga berisi materi substantif untuk menjaga agar COC terus efektif dan actionable, ujar Rolliansyah.

Guidelines yang baru pertama kali ada dalam sejarah ini merangkum aspirasi ASEAN-RRT untuk selesaikan COC dalam tiga tahun atau kurang, melalui pembahasan secara intensif isu-isu pending selama ini serta usulan working method lainnya agar negosiasi berjalan lebih cepat dan efektif.

Mengingat kompleksitas elemen pada COC, pihak-pihak yang terlibat selama ini sangat berhati-hati sehingga diperlukan terobosan untuk mengakselerasi prosesnya, ungkao Rolliansyah.

Lebih lanjut ia menyampaikan, COC diharapkan menjadi aturan tata perilaku yang merefleksikan norma, prinsip, dan aturan internasional yang selaras dan merujuk pada hukum internasional, khususnya UNCLOS dengan tujuan tercapainya kawasan LTS yang stabil, aman, dan damai.

“Indonesia senantiasa mendukung pembangunan rasa saling percaya (confidence building measures/CBM) dan mengurangi ketegangan untuk mendukung kesejahteraan di kawasan, serta terus memastikan sentralitas ASEAN dalam permasalahan LTS,” kata Rolliansyah.

Selama Keketuaan Indonesia di ASEAN, negosiasi COC telah berhasil menyelesaikan pembahasan second reading atau pembahasan negosiasi putaran kedua.

“Hal ini menunjukkan perkembangan positif yang diharapkan dapat terus menjadi momentum percepatan disepakatinya kode etik tersebut,” sambungnya.

Rolliansyah menyampaikan, Indonesia telah menjadi tuan rumah perundingan negosiasi COC antara ASEAN dan RRT pada bulan Maret lalu.

Di akhir tahun 2023 ini, Indonesia berencana akan kembali menjadi tuan rumah putaran negosiasi COC selanjutnya sebagai kontribusi terhadap percepatan proses yang berlangsung.

“Selain perundingan COC, Indonesia akan terus mendorong peningkatan kerja sama maritim praktis antara ASEAN dan RRT untuk kawasan LTS yang dapat meningkatkan rasa saling percaya, guna mendukung dan menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan,” tutupnya.

Visited 2 times, 1 visit(s) today
Example 400250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *