Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
BeritaEkonomi

Indomaret Resmi Melebarkan Sayapnya di Mubar, Berdayakan Naker Lokal

×

Indomaret Resmi Melebarkan Sayapnya di Mubar, Berdayakan Naker Lokal

Share this article

MUNABARAT, SIBERTIMUR.COM – Mini Market milik PT Indomarco Prismatama mulai meresmikan serta mengoperasikan gerai Indomaret pertamanya di Kabupaten Muna Barat (Mubar) pada Kamis sore (7/9/2023).

Peresmian gerai Indomaret ini, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pj Bupati Mubar, Bahri yang didampingi Deputy Brand Manager (DBM) PT Indomarco Prismatama cabang Makassar, Adi Jati Kusumo.

Example 300x600

Hadirnya gerai Indomaret pertama di Mubar, diapresiasi oleh Pj Bupati Mubar, Bahri. Kata dia, dengan adanya Indomaret ini dapat memenuhi kebutuhan pokok dan juga makanan siap saji yang mudah diakses oleh masyarakat.

Kendati demikian, Bahri meminta kepada Indomaret untuk menyerap tenaga kerja lokal dan memberdayakan pelaku UMKM yang ada di Mubar. Indomaret wajib mempromosikan hasil UMKM lokal di setiap gerainya.

“Saya juga meminta kepada pihak Indomaret untuk memberdayakan atau memperkerjakan tenaga kerja lokal dan menghidupkan pelaku UMKM di Mubar,” kata Bahri.

Bahri bilang, hal tersebut berdasarkan kebijakan pemerintah pusat bahwa investasi ini merupakan program dari Presiden RI dan tertuang dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri RI ini menerangkan, bahwa sebelum menerima investasi dalam hal ini Indomaret, pemerintah daerah terlebih dahulu melakukan konsultasi kepada Ombudsman RI. Hal tersebut karena sebelum hadirnya Indomaret ini ada pro dan kontra dari masyarakat.

“Sebelum gerai indomaret ini berdiri, Pemkab Mubar melakukan konsultasi kepada Ombusman RI. Hal tersebut mendapat lampu hijau dalam mempermudah orang berinvestasi. Dengan begitu, perekonomian suatu daerah dapat berjalan dan tentunya membuka lapangan kerja,” ungkapnya.

Sementara itu, Deputy Brand Manager (DBM) PT Indomarco Prismatama cabang Makassar, Adi Jati Kusumo mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah dalam hal ini Pj Bupati Mubar, Bahri beserta jajarannya yang telah hadir dalam rangka memperingati pengoperasian gerai Indomaret pertama di Mubar.

Adi bilang, dengan hadirnya gerai Indomaret dapat mempengaruhi dua masalah yakni ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

“Untuk masalah ekonomi ini, niat kami hadir tidak lain adalah bisnis. Namun, kita juga ingin meningkatkan program pemerintah daerah. Dimana, pada gerai kami ini menjual sembilan bahan pokok dengan harga secara nasional,” ucapnya.

Sedangkan dari segi sosial kemasyarakatan, Adi mengungkapkan akan merekrut karyawan yang berasal dari Muna Barat. Untuk itu, Indomaret berkomitmen 100 persen karyawan yang ada pada gerai di Mubar merupakan pekerja lokal.

“Karyawan Indomaret ini kita akan prioritaskan masyarakat sekitar (Mubar) dan akan lakukan secara bertahap dengan memberikan pengetahuan teknologi dan keahlian khusus,” jelasnya.

Adi juga menyampaikan salah satu misi hadirnya Indomaret di Mubar yakni ingin memberdayakan produk UMKM lokal.

“Untuk di Muna, Indomaret sudah menggandeng hasil UMKM yakni roti Barokah dan produk ini sudah dipromosikan hingga ke Morowali,” kata Adi.

Dalam pembukaan perdananya, yang berada di Jalan Poros Lagadi-Tondasi tepatnya di Desa Sukadamai, Kecamatan Tiworo Tengah, Kabupaten Muna Barat pihak Indomaret memberikan harga diskon, sehingga gerai ini langsung diserbu oleh ratusan masyarakat sekitar yang hendak berbelanja.

Visited 1 times, 1 visit(s) today
Example 400250
Example 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *